Penerapan RPJPM di Daerah Sangat Tergantung Visi dan Misi Kepala Daerah

“Penerapan RPJPM di daerah sangat tergantung dari visi dan misi kepala daerah yang semestinya terintegrasi dengan rencana pembangunan dari pemerintah pusat”. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S dalam diskusi Forum Rektor dengan Ketua Badan Pengembangan Kasitas Kelembagaan DPD RI dengan tema di gedung DPD RI jalan Gatot Subroto, Senayan.“Ada kekhawatiran akan terjadi distorsi di tingkat operasional jika rencana pembangunan tidak terintegrasi dengan baik antara Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah” ujar Rektor Universitas Sebelas Maret tersebut.

‘’Saat ini pemerintah pusat memiliki RPJMN dan pemerintah daerah memiliki RPJMD, tetapi tidak ada satu institusi yang meneliti bahwa perencanaan RPJMD yang dibuat pemerintah daerah telah sesuai (sinkron) dengan RPJMN yang dibuat pemerintah pusat. Pemerintah harus membuat suatu mekanisme/lembaga yang akan melakukan penyesuaian RPJMD dengan RPJMN serta RPJMN dengan RPJPN”. Kata Prof. Ahmad Erani Yustika, M.Sc., Ph.D yang juga merupakan Guru Besar dari Universitas Brawijaya.

Pendapat tersebut semakin dipertegas lagi oleh Guru BesarUniversitasAndalas Prof Saldi Isra yang menjelaskan bahwa ”Jika negara Indonesia berkomitmen akan tujuan bernegaranya maka calon presiden tidak perlu membuat visi sendiri, tinggal melaksanakan visi Negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945”

Mengomentari hal tersebut Presiden Government Research Institute (GRI) Dr. Sri Sundari menyampaikan bahwa “ Semestinya Rencana Pembangunan Pusat dijabarkan oleh Rencana Pembangunan Daerah (top down) dan Rencana Pembangunan Daerah diakomodir dan difasilitasi oleh Rencana Pembangunan Pusat, mungkin Negara ini masih perlu acuan seperti GBHN” ujarDoktor Pemerintahan lulusan dari Unpad tersebut.

Diskusi yang juga dihadiri oleh Rektor USU, Rektor Universitas Hasanudin, Rektor IPB, Guru Besar Universitas Kendari serta Sekjen Forum Rektor, Sekjen DPD serta Sekretariat BPKK DPD RI (RHM/BP)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *