Pansel KPK Ajak Masyarakat Mendaftar

9 Srikandi Pansel KPK - Parlemen News

ParlemenNews, Jakarta — Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi 2015-2019 menolak intervensi dari pihak mana pun selama mereka menjalankan tugas. Pansel juga mengajak warga Indonesia yang memiliki kompetensi untuk mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK.

”Kita tidak akan bisa menjadi negara hebat kalau kita mempunyai tingkat korupsi yang begitu besar,” kata Ketua Pansel Pimpinan KPK Destry Damayanti, Senin (25/5).

Senin kemarin, sembilan anggota Pansel Pimpinan KPK bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Setelah pertemuan yang berlangsung sekitar 60 menit ini, Presiden berharap pimpinan KPK yang kelak terpilih bisa memperkuat institusi KPK. Oleh karena itu, selain menguasai hukum, pimpinan KPK juga harus memiliki kompetensi di bidang manajemen.

Setelah bertemu Presiden, anggota pansel melakukan pertemuan perdana di kompleks Sekretariat Negara. Dalam pertemuan itu disepakati menunjuk Betti Alisjahbana sebagai juru bicara dan memulai pembuatan rencana kerja. Pansel juga bertekad bekerja transparan sampai delapan calon pimpinan KPK terpilih sebelum bulan Desember 2015. Delapan calon itu nantinya akan diserahkan kepada Presiden dan selanjutnya Presiden akan mengirimkan para calon itu ke DPR untuk dipilih empat di antaranya menjadi pimpinan KPK periode 2015-2019.

Menurut Betti, kerja transparan yang akan dilakukan dengan membuka informasi kepada publik terkait proses seleksi dari waktu ke waktu akan menyulitkan siapa pun mengintervensi pansel. (arn/pn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *