Diam-diam Jokowi Kirim Surat ke Barack Obama

Parlemennews.co.id – Diam-diam, Presiden Jokowi memberi tugas khusus kepada Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan untuk pergi ke Amerika Serikat. Adapun tujuannya adalah membawa surat Jokowi untuk disampaikan kepada Presiden AS Barack Obama.

“Saya itu kemarin diundang bicara di Harvard Bisnis School di Boston dari minggu lalu. Setelah dari situ saya ke Washington bawa surat Presiden Jokowi ke Presiden Obama. Terus saya ketemu (Kepala Pusat Keamanan Amerika) Susan Rice,” kata Luhut kepada wartawan di Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3).
Lebih jauh, Luhut enggan membeberkan apa isi surat Presiden Jokowi yang disampaikan kepada Barack Obama. “Ya masak diceritain,” ujarnya dengan singkat.

Ketika disinggung apakah terkait soal rencana kunjungan Presiden Jokowi bakal ke AS, Luhut menjawab dengan datar. Menurut dia, surat ke Obama isinya bermacam-macam. “Ya macam-macam lah. Semua itu Menlu. Menlu itu tahu, karena dia mendampingi saya selama di sana duta besar,” jawabnya.

Luhut membantah bila kepergiannya ke AS untuk bertemu Obama melangkahi tugas-tugas menteri luar negeri. Justru, kata dia, kepergiannya didampingi duta besar dan juga sepengetahuan Menteri Luar Negeri.
“Enggak, saya pergi dengan Duta Besar. Yang ngatur juga Duta Besar. Saya utusan khusus presiden kan boleh, bawa surat presiden ke sana,” terangnya (aw).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *