14 December 2017

Freeport Indonesia Tetap Dipertahankan

Parlemen News – Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan PT Freeport Indonesia yang tetap dipertahankan pemerintah. JK menjelaskan perusahaan itu tidak akan dilepas karena investasi besar yang telah diberikan pada pemerintah Indonesia.

“Kalau undang investasi dari luar, tentu investasi yang sudah ada kita jaga kelangsungannya. Kalau suatu investasi tidak kita jaga, bagaimana bisa undang investasi lain,” kata JK, di Hotel Crown, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

JK menjelaskan, tiap kunjungan kerja ke luar negeri, perwakilan pemerintah selalu mengundang pihak lain untuk berinvestasi di Indonesia. ‎Sehingga wajar bila pemerintah tidak akan melepas investasi Freeport.

“Ya tentu kita pemerintah selalu ingin ada investasi. Presiden, menteri-menteri datang ke suatu negara undang investasi,” tutur dia.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin sebelumnya mengatakan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia diperlukan setelah 2021 mendatang. Hal ini diperlukan untuk mencegah beragam konflik di tanah Papua yang berpotensi terjadi. “Mungkin bisa terjadi klaim antar-suku, ‘ini milik saya, ini milik saya’. Bisa terjadi potensi konflik,” ujar Maroef, di Gedung DPR, Kamis 3 Desember 2015. (PN-AW)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *