14 December 2017

Golput Pemenang Pilkada Serentak

Padang – Indonesia membuat sejarah baru dengan melaksanakan pilkada serentak terbanyak yang pernah dilaksanakan di Indonesia. 269 Daerah melaksanakan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Sejarah baru juga kemungkinan akan tercipta lagi pada saat pilkada serentak ini yakni Golput berpeluang untuk memenangkan pilkada serentak ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Rahmat Hollyson Peneliti Senior Lembaga Kajian Pemerintahan Indonesia (LKPI) “Saat saya memantau pelaksanaan pilgub Sumbar, pada jam 10.00 Wib, pemilih yang sudah mencoblos sekitar 40 persen. Penyebab rendahnya partisipasi masyarakat ditenggarai karena sebahagian dari mereka tidak tertarik untuk melakukan pencoblosan”.

Pada kesempatan lain Sekda Kota Padang, Nasir Ahmat menjelaskan “sepertinya partisipasi pemilih dalam pilgub kali ini agak menurun, tetapi tentunya perlu kita tunggu sampai selesai pelaksanaan pencoblosan”.

“Banyak hal yang dapat menyebabkan tingginya angka golput saat pelaksanaan pemilihan Gubernur di Sumatera Barat. Pertama rendahnya keinginan sebahagian masyarakat untuk memilih kepala daerah. Kedua Bekerja untuk mencari nafkah, Ketiga, kuliah untuk mencari kerja. Keempat Rentang kendali yang cukup jauh antara Gubernur dan masyarakat, dibandingkan dengan Bupati/Walikota dan Masyarakat” tambah Nasir pada saat melaksanakan pemantaun pilkada di TPS 16 Kampung Lapai bersama Camat Nanggalo Hendra Mardhi dan peneliti Senior LKPI.

Sedangkan Hendra Mardi Camat Nanggalo menjelaskan tentang upaya mendorong masyarakat agar ikut memilih. “Kami berupaya untuk mengerahkan masyarakat dengan mebuat pengumuman di masjid-masjid jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pencoblosan. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pada pagi hari dan pada saat pemilihan. Selain itu mendorong TPS untuk berkreatifitas ”. (rh/pn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *